5 Lokasi Street Food di Indonesia



Mengunjungi berbagai kota di Indonesia tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya. Setiap kota pasti punya kuliner yang akan membuat rindu untuk berkunjung lagi. Bahkan di satu kota tidak hanya mempunyai satu makanan saja bahkan, beberapa daerah punya dua atau tiga makanan yangmenarik untuk dinikmati semua.
Waktu berkunjung yang terbatas kadang menjadikan kita tidak bisa leluasa menelusuri setiap jengkal penyedia makanan satu dan lainnya. Untuk mensiasatinya kita bisa mendatangi lokasi street food yang ada di kota tujuan kita. Di Street Food kita bisa melihat semua makanan khas daerah tersaji bahkan kita juga bisa merasakan makanan lainnya sesuai selera kita. Bisa kita nikmati satu-satu sampai kenyang. Nah untuk itu saya akan berbagi tempat Street Food yang harus kalian coba di lima Kota ini.
 
Pasar Malam Semawis. (Foto: instagram.com/susie_suhartanto)


1.     Semawis – Semarang
Lokasi street food pertama di Indonesia adalah Semawis di Semarang. letak dari steet food ini tidak begitu jauh dari Kota Lama Semarang. Semawis berada di sebuah gang komplek Pecinan.Gang ini akan ditutup untuk jalur kendaraan kemudian disulap dan dibuka stand-stand makanan yang berderet. Semawis sendiri merupakan street food yang terpanjang dan terkenal di Kota ini. Menyajikan berbagai menu makanan yang akan menikmati malam hari kita di kota Semarang. Berbagai macam makanan khas Semarang dijajakan disini.
Semawis juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri di Semarang karena keunikan dari tempat ini. Semawis tercipta berkat solidaritas warga Tionghoa di daerah tersebut untuk memajukan wisata di Semarang. Untuk bisa menikmati deretan kuliner di Semawis kita harus datang pada malam hari mulai pukul 18.00 hingga 23.00 dan hanya buka pada weekend saja  yaitu Jumat, Sabtu dan Minggu. Tempat yang sangat menarik bagi kalian pecinta kuliner.



(foto: http://headliinenews.blogspot.com)

2.     Sungai Musi – Palembang
Street food selanjutnya yang juga cukup terkenal yaitu street food di kawasan Sungai Musi. Apa saja yang terdapat di kawasan street food ini? Tentunya sangat komplit dan beragam.Kitabisa menikmati makanan tradisional hingga makanan ala western, dari kaki lima hingga restoran elit semuanya ada di kawasan street food Sungai Musi ini. Selain menyajikan berbagai kuliner menarik dan beragam, kawasan ini juga menyuguhkan pemandangan Sungai Musi yang Indah. Makan-makan sambil menikmati pemandangan Sungai Musi tentu seru menambah kenikmatan menyantap kuliner.
Akan ada banyak yang bisa didapatkan di street food kawasan Sungai Musi Palembang ini. Yang jelas adalah suasananya yang sungguh berbeda dengan kawasan street food lainnya dan juga jika ingin berkunjung kemari Anda disarankan untuk beramai-ramai agar suasananya lebih asyik dan lebih berbeda jika datang dengan teman-teman atau keluarga.

(foto: instagram @yandika_putra)

3.     Malioboro – Yogyakarta
Semua orang pasti familiar dengan nama Malioboro sebuah kawasan yang paling terkenal di Yogyakarta. Kini  Malioboro sudah bersolek dan semakin nyaman untuk di kunjungi. Bagi saya Malioboro bukan hanya tempat untuk nongkrong dan belanja saja, di lokasi ini juga menjadi sebuah street food yang menarik.Setelah malam datang, di pinggiran jalan Malioboro akan berdiri tenda-tenda yang menjajakan kuliner yang cukup beragam. tidak ketinggalan dan yang pasti ada yaitu angkringan yang menyediakan nasi kucing. Selain itu banyak jajanan pinggir seperti ronde, sate ayam, hingga masakan khas Jogja yaitu gudeg semuanya bisa dicicipi diarea ini.
Jalan-jalan ke kawasan Malioboro akan sangat lengkap dengan dibarengi wisata kuliner. Tentunya semua kuliner yang ditawarkan di kawasan ini bernuansa atau kental dengan Yogyakarta yang manis dan hangat.Kadang di Malioboro ini saya sampai kebingungan untuk memilih tempat makannya, untung saja ada Traveloka yang membantu yaitu bisa menemukannya dengan mencari tempat makan di sekitar Anda di website Traveloka atau bisa juga dengan bantuan Traveloka Eats.

4.     PSP Street Food – Tanjung Pinang
Berkunjung ke Tanjung Pinang belum lengkap jika belum mengunjungi kawasan street food terkenal disana yaitu PSP Street Food atau bahasa daerahnya Akau Potong Lembu. Kawasan street food ini menyediakan berbagai macam makanan khas Tanjung Pinang yaitu makanan dengan bahan seafood. Selain itu juga banyak makanan dan jajanan lainnya yang bisa dinikmati disini. Anda yang sedang berkunjung ke Tanjung Pinang harus berkunjung ke tempat ini.
Banyak orang akan menghabiskan waktu di kawasan ini sambil menyantap berbagai hidangan yang lezat dan unik. Kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang daerah Tanjung Pinang sendiri maupun dari daerah lain bahkan, banyak orang-orang dari luar provinsi dan luar pulau yang mampir dan mencicipi lezatnya Kuliner steet food di sini dan yang pasti sambil menikmati suasana kota Tanjung pinang.

(foto: Dunia Kuliner)

5.     Jl. Banceuy – Bandung
Lokasi street food yang terakhir adalah Jl. Banceuy Bandung.Area ini merupakan area yang banyak menyajikan berbagai makanan khas Bandung seperti siomay misalnya. Tentu kawasan street food ini memiliki berbagai stand makanan yang menjual berbagai menu yang beragam tetapi dari berbagai makanan beragam itu banyak pengunjung yang berburu masakan khas Bandung. Kawasan street ini menyajikan suasana kota Bandung yang asyik dan seru. Kawasan ini juga sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Bandung dan sekitarnya.
Sebagai kota besar yang mempunyai aktivitas padat, tentunya street food ini menjadi salah satu tujuan yang paling menarik bagi masyarakat Bandung khususnya untuk melepas penat sambil menyantap hidangan yang lezat. Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi kawasan ini  tak usah ragu lagi untuk datang dan mencicipi berbagai hidangan yang ditawarkan disini. Namun jangan heran jika ketika Anda datang tempat ini sangat ramai karena memang street food Jl. Banceuy, Bandung ini tidak pernah sepi pengunjung.

Post a Comment

0 Comments