Indahnya Sunset di Pantai Ketawang Indah

2/14/2018





Sabtu Pagi Terik matahari begitu terang menghantarkan saya menuju ke Desa Wisata Ketangwangrejo di Purworejo. Kala itu saya dari Jogja mengendarai sepeda motor melalui jalan Daendels, saya memilih jalur ini karena letak dari Desa Wisata Ketawangrejo berada dipinggir Jalur ini, Tepatnya yaitu Desa Ketawangrejo, Kec. Grabag Kab. Purworejo. Tujuan saya ke Desa Wisata Ketawangrejo ini adalah untuk menyaksikan Festival Adiloka, yaitu sebuah Festival yang diadakan untuk memperingati ulang tahun Desa. Berbagai acara seperti lomba Gejog Lesung, Lomba Kecantikan Sapi, Karnaval dan hiburan-hiburan yang luar biasa. Tapi saya disini belum akan cerita tentang Festival Adiloka, mungkin kapan-kapan saya akan ceritakan.
Di Tengah-tengah keseruan acara Festival Adiloka, saya malah lebih sering melihat ke atas. Saat suhu panas sekali matahari terlihat sangat terang tanpa ada awan yang menutupinya. Sambil berdoa dan berharap bahwa cuaca ini bisa sampai sore dan menyajikan senja yang indah nantinya.  Maklum saja, karena saya sudah diiming-imingi oleh para pemuda pokdarwis bahwa sunset di pantai Ketawang Indah sangat mempesona, selain sunset yang mempesona, katanya pantai ketawang Indah asyik untuk buat santai-santai.

gerbang selamat datang yang berfungsi juga sebagai jembatan
Jembatan Tamara
Sore pun datang, tepat Pukul 16.30 Saya diajak mas Nanang yaitu salah satu penggiat Wisata Purworejo dan bersama para pemuda Pokdarwis untuk pergi ke pantai, bersyukur matahari masih sangat terang sinanrnya, langit sangat cerah bahkan terlihat tak ada awan sore itu, bersyukur sekali.
Untuk menuju kepantai Ketawang Indah, cukup mudah yaitu, dari jalan Daendels jalan masuk ke pantai tepat di sebrang Kantor Kepala desa atau alun-alun Desa ketawangrejo. biasanya banyak yang salah dengan pantai di sebelahnya yaitu pantai Jetis karena petunjuk arah yang belum dirubah, sering kali membuat salah pantai. Pokoknya pantai ini berbeda dengan yang lain pastinya karena, saat mulai memasuki area pantai saya langsung bisa melihat mercusuar. Tidak semua pantai memilikinya.
Jalan dari tanah halus dan berpasir serta kanan kiri yang ditumbuhi tanaman para petani membuat lebih sedap dipandang. Melirik disebelah kanan Mercusuar yang menghalangi sinar matahari terlihat elok. Tapi, kala itu saya tidak berniat untuk menaikinya, mungki lain kali. Dalam hati saya “pokoknya sore ini harus dapet Golden Sunset” langsung saya saja menuju kepantai.

Baca juga : berburu sunrise bersama maila

Di Pantai Ketawang indah ini ada area yang sangat nyaman sekali untuk bersantai yaitu taman Cemara. Jalan menuju ke taman Cemara ini harus melewati Jembatan Tamara yang berfungsi juga seperti gerbang selamat datang, Jembatan Tamara sebenarnyya hanya sebuah singkatan dari Jembatan Taman Cemara. Jembatan dari bambu ini menurut saya sangat asyik untuk foto-foto. Di area taman terdapat Joglo besar yang bisa digunakan untuk acara rame-rame serta beberapa gazebo dan ayunan untuk duduk-duduk santai dan syahdu menikmati angin pantai. Jadi pantai ini sangat cocok buat acara-acara kantor atau pun teman kelas. bisa juga loh  untuk merenung sambil menikmati angin pantai yang segar karena disini ada sebuah gardu pandang yang cukup tinggi untuk melihat area pantai.

salah satu pengunjung Pantai Ketawang Indah yang sedang bermain ayunan di Taman Cemara
salah satu gardu pandang yang ada di pantai Ketawang Indah
pengunjung yang sedang bersantai disalah satu gasebo sambil menikmati minuman dan menunggu sunset datang

Saya dan teman-teman memilih salah satu gazebo yang paling ujung untuk ditempati, dari sini saya bisa melihat keseluruhan taman bagian barat, banyak pengunjung yang sedang santai menikmati cemilan, minuman dan tak lupa tawa cerianya yang mengiringi ditambah matahari yang sebentar lagi enak dipandang. Sore ini sepertiinya akan menjadi sebuah suasana yang tak akan terlupan. Sambil mencari foto-foto yang keren ternyata di sisi utara taman Cemara saya bertemu dengan Rusa yang dipelihara, wah asyik ini kalau mengajak anak kecil kesini, pasti akan sangat senang melihatnya.

Sunset di salah satu sudut pantai Ketawang Indah
Golden Sunset di Pantai ketawang Indah, mengabadikan bersama Purworejo Jepret
Senja yang menawan Pantai Ketawang Indah

Cahaya sang cakrawala perlahan tidak menyilaukan mata lagi, itu tandanya saatnya saya mendekat ke Pantai agar saya bisa melihat dengan jelas sang cakrawala ditelan laut yang luas di depan. Cahaya kuning kemerahan mulai meterpancar dilangit, matahari memerah Indah sekalii sore itu, saya mendapatkan sunset yang sempurna. Sayangnya, saya saat itu sangat sibuk dengan kammera, karena moment ini harus saya bagikan. Mungkin suatu saat nanti saya bisa mampir ke pantai ini dan benar-benar menikmati senja yang luar biasa.
Setelah matahari sudah tak terlihat lagi saya kembali ke gasebo. sedikit ngoblol dengan para pemuda Pokdarwis, saya menjadi tahu bahwa di Bulan Februari Sunset Pantai Ketawang Indah adalah Sunset yang paling Indah. Ini saatnya munggkin untuk kesana lagi, tapi entahlah semoga ada waktu tersisa dibulan ini dan cuaca yang mendukung. Cuaca februari ini memang sepert kurang menyakinkan untuk menncari sunset tapi patut kalian coba, karena apabila tidak mendapatkan sunset yang indah nanti kalian bisa main-main ke Desa Wisata Ketawang Indah, karena disini banyak yang bisa kalian pelajari mulai dari pembuatan gula kelapa, dan cara budidaya Jambu kristal dan budidaya udang.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
15 Februari 2018 08.23 delete

keren ih apalagi sama main bandulan gitu.....

Reply
avatar
15 Februari 2018 08.37 delete

Bagus tempatnya rekomended buat di kunjungi, apalagi sunsetnya istimewa hehehe

Reply
avatar
15 Februari 2018 13.17 delete

iya, termasuk keren banget emang, main bandulan bareng ceweknya lebih seru

Reply
avatar
15 Februari 2018 13.18 delete

silahkan mampir kalai lewat jalan daendels, tinggal belok sedikit

Reply
avatar
3 Maret 2018 19.45 delete

Pantesan indah, nek cewek gambare terang, nek cowok malah siluet, owalah kaaang.....kang......kawkak

Reply
avatar