Masakan Bebek yang Istimewa di Bale Bebek

10/26/2017


Beberapa tahun belakangan ini daging bebek menjadi makan favorit di rumah saya, beberapa lebaran yang terlewat daging bebek menggusur daging ayam yang biasanya disajikan di lebaran sebelum-sebelumnya. Rasa daging bebek yang lebih gurih dan juga kolestrol yang tidak sejahat ayam pedaging menjadi alasan mengapa daging bebek selalu tersaji dikala lebaran. Tahun ke tahun olahan bebek di rumah saya hanya dimasak opor atau hanya digoreng. Mengolah daging bebek memang tidak semudah mengolah daging ayam, bau amis yang ditimbulkan kadang sulit untuk dihilangkan. Tekstur  daging yang alot juga menjadi masalah tersendiri dalam mengolah daging bebek. Maka dari itu masih jarang sekali variasi olahan makanan daging bebek, mungkin hanya opor atau digoreng saja.
 Sebenarnya mudah sekali dalam mengolah daging bebek, menurut chef Willy yaitu salah satu chef andalan dari Bale Ayu Group dalam acara rebrending Roemah Boemboe menjadi Bale Bebek memberikan tips cara mengolah daging Bebek agar tidak amis dan teksturenya lembut. Untuk membuat daging bebek tidak amis menurut chef Willy kita harus benar-benar membersihkan semua bulu yg melekat selain itu yang paling penting adalah kita harus membuang brutu atau ujung ekor dengan anusnya karena disitulah letak sumber amis berasal, setelah itu direndam dengan air jeruk nipis kurang lebih selama satu jam. Untuk membuat tekstur daging bebek menjadi lembut daging bebek harus dipresto dengan mencampur rempah-rempah khas agar daging mempunyai citarasa yang lebih.

Gerbang depan Bale Bebek yang Instagramable
Bebek Masak Woku dengan kuah yang sedap 

Bagi kalian yang malas mengolah daging bebek dan langsung bisa menyantapnya  ada satu resto baru yang mengolah berbagai masakan dari daging bebek yaitu  Bale Bebek yang berada di  Jalan Tagalturi No. 56 Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Bale Bebek ini adalah resto baru dibawah Bale Ayu Group yang konsen mengolah dan menyajikan berbagai masakan dari daging bebek. Setidaknya disini ada sembilan olahan daging bebek yang bisa kalian nikmati; Bebek Pedas Spesial, Bebek Bakar Madu, Bebek Masak Woku, Bebek Rica-rica, Bebek Sambal Terasi, Bebek Bakar Kecap, Bebek Bakar Pedas, Bebek Barbeque, Bebek Goreng.
Menu spesial di resto ini adalah Bebek Masak Woku, yaitu sajian masakan khas Manado. Sudah tidak asing lagi maskan khas Pulau Sulawesi terutama Manado selalu menyajikan masakan dengan rempah-rempah yang memanjakan lidah. Rempah-rempah yang meresap dan mencair di kuah ini bersatu dengan lembutnya daging bebek olahan Bale Bebek yang standar masaknya selalu dikontrol. Dalam pengolahan daging bebek di resto ini yaitu langsung dari rumah produksi Bale Ayu Group agar sajiannya benar-benar berkualitas dan sesuai setandar. Sedikit saya mencoba kuah Bebek Masak Woku, rempah-rempahnya sungguh terasa, kuah kekuningan seperti sop ikan membuat lidah tak berhenti mengecap, rasa rempah seperti masih tertinggal di lidah walupun kuah sudah sampai perut serta daging bebek yang lembut sangat enak disantap.

bebek bakar madu yang rasanya gurih dan manis
Bebek Sabal Trasi

Selain Bebek Masak Woku saya juga mencoba Bebek Bakar Madu. Daging bebek yang gurih bersatu dengan manisnya madu, perpaduan yang sangat lezat dirasakan oleh lidah. Selain masakan Bebek yang bermacam-macam ini di Bale Bebek juga menyajikan bermacam sambal yang sesuai selera, ada sambal trasi, bawang dll. Rentan harganyapun masih sangat pas di kantong, satu porsi masakan bebek yang lengkap dengan nasi dan sambal hanya Rp. 24.500,- saja. Tak kalah dengan makanan, Bale Bebek juga menyajikan bermacam-macam minuman; Es jeruk, Jus, Es Campur, aneka Shake serta ada disert Ice Cream Sundae.

Resto ini sangat cocok untuk makan bersama keluarga, teman ataupun robongan bersekala besar seperti merayakan ulang tahun ataupun syukuran. Tempat yang nyaman berupa lesehan dan tempat makan duduk dengan kursi dan meja bisa kalian pilih sesuai selera. Jadi silahkan coba masakan Bebek yang Istimewa dengan Berbagai hidangan Istimewa di Bale Bebek.     

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »