Bersilaturahmi ke Rumah Hobbit di Yogyakarta

6/30/2017

Momen Lebaran biasanya kita habiskan untuk bersilaturahmi dan berwisata dengan keluarga, momen yang sangat ditunggu karena semua keluarga bisa berkumpul. Saudara yang jauh pun pulang untuk bisa bersilaturahmi dengan orangtua serta saudara dan kerebat dekat. Setelah silaturahmi dengan kerabat-kerabat usai maka tibalah untuk berlibur bersama-sama keluarga. Bagi yang pulang kampung di sekitaran Yogyakarta ada tempat wisata yang sedang hitz akhir-akhir ini, yaitu Rumah Hobit. Kalau berwisata ke Rumah Hobbit, kita seperti berselaturahmi mendatangi sebuah rumah kerabat kita yang dikampung halaman yang suasanyanya sangat sejuk sekali.
Rumah Hobbit sendiri terletak di kawasan Wisata Seribu Batu Songgo Langit di Mangunan, Dlingo Kab. Bantul. Kawasan ini tidak asing lagi bagi para wisatawan pastinya, area yang dekat dengan tempat wisata sebelumnya yang sudah terkenal yaitu hutan Pinus Mangunan dan juga Taman Buah Mangunan. Letak dari Wisata Seribu Batu Songgo langit ini yaitu sebelum hutan Pinus Mangunan. Kawasan ini sungguh nyaman sekali untuk kita datangi, sudah terdapat parkir mobil dan motor yang luas, serta fasilitas pendukung yang sudah lengkap. Selain Rumah Hobbit wisata ini terdapat beberapa obyek untuk foto yang bagus sekali antara lain Rumah Kayu Negeri Dongeng, taman, Jembatan Jomblo dan lain sebagainya.

Gerbang masuk ke Kawasan Wisata Seribu Batu Songgo Langit

Flying Fox yang disediakan untuk menuruni area wisata

Jembatan Jomblo yang langsung terlihat Rumah Hobbit

Saat masuk ke pintu gerbang kawasan wisata ini hawa sejuk langsung terasa, sempat saya bilang ke teman-teman saya “enak banget disini ya”. Masih satu kawasan dengan Hutan Pinus Mangunan kawasan ini memang di kelilingi pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi sehingga suasananya sangat nyaman sekali, apalagi datanganya kesini pagi-pagi udara sangat sejuk sekali dan terasa nyaman sekali. Saya datang ketempat ini memang saat pagi hari sekitar pukul 07.30 WIB. Suasana pengunjung yang masih sepi membuat taman ini sepeti milik saya dan teman-teman saya sehingga kita bebas untuk berfoto dan bersilaturahmi (masuk) ke rumah-rumah Hobbit dan lainnya.
Dari gerbang masuk kita sudah disajikan sederet warung makan, ada juga flaying fox yang bisa mengantar kita sampai bebatuan songgo langit dan rumah Hobbit, bagi yang tidak ingin sempat samapai atau menikmati susana kawasan wisata ini lebih baik jalan saja, karena ada beberapa spot menarik untuk kita foto, ada jembatan jomblo yang berhadapan langsung dengan rumah Hobbit. Sesudah kita melewati Jembatan Jomblo kita akan memasukki kawasan rumah Hobbit, terdapat rumah hobbit yang bisa kita jadikan foto-foto walaupun agak berbeda dengan aslinya yang di New Zealand ya tapi lumayan keren untuk kita eksis. Rumah hobbit ini ternyata hanaya penampakan depannya saja, dalamnya sempit dan kosong, rumah Hobbit ini memnag disediakan untuk berfoto-foto dari depan saja.

Rumah Hobbit 

Rumah Kurcaci

Taman Seribu Batu

Disamping rumah hobbit terdapat bebatuan besar yang saling menopang agar tidak terguling, mungkin karena adanya batuan ini dinamakan kawasan Songgo Langit karena awal dari tempat wisata ini hanyalah batuan yang tersusun salaing menopang ini. Rumah hobbit dan lainyya ini baru di bangun enam bulanan ini yang bertujuan untuk menarik wisatawan yang mencari foto instagrameble. Disebelah kanan rumah Hobbit terdapat juga rumah-rumah kecil seperti komplek perumahan dibawah batu besar seperti rumah kurcaci.
Dibalik batu besar ternyata terdapat sebuah taman kecil yang sangat bagus untuk berfoto, terdapat bunga-bunga yang ditata sedemikian rupa sehingga membuat kesan kita sedang berada disebuah taman, padahal taman ini hanya kecil saja. Obyek selanjutnya yaitu Rumah Kayu Negeri dongeng, rumah kayu ini rumah berbentuk limas yang dibuat dari rantung-ranting pohon, penyusunan yang bertingkat sehingga terlihat rumah kayu ini seperti pedesaan yang dihuni oleh orang-orang adat suku. Rumah Kayu Negeri Dongen ini menjadi salah satu tempat favorid untuk berfoto, setelah siangan sedikit pengunjung akan mengantri disini, asyiknya kalau datang rame-rame kesini bisa menempati rumah kayu ini satu-satu untuk difoto jadi kita seperti penghuni rumah tersebut.


Rumah Seribu Kayu Negeri Dongen

panggung seni yang masih di kembangkan

perawatan dan penanaman bunga-bunga untuk mempercantik kawasan wisata

Kawasan Wisata Seribu Batu Songgo langit ini masih terus dikembangkan, terlihat di bagian ujung terdapat panggung pertujukan yang masih dalam pengerjaan, sempat saya bertanya kepada salah satu pengelola yaitu seorang ibu-ibu yang sedang menyiram bunga-bunga bahwa tempat wisata ini dikelola oleh masarakat dari desa Sukorame dengan anggota sekitar limapuluhan orang, dengan dana suadaya. Untuk lahan sudah mendapatkan ijin dari pihak perhutani sehingga sekarang tinggal meningkatkan daya tarik wisatawan untuk bisa datang kesini. Untuk tips saja datanglah ke tempat wisata ini pagi-pagi selagi masih sepi agar kita tidak mengantri berfoto sehingga mendapatkan foto yang bagus maksimal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

26 komentar

Write komentar
30 Juni 2017 07.46 delete

Iya mas, pernah liat foto di situ pas pagi...ketika sinar2 cahaya menelusup masuk dari celah-celah pohon gitu bagus. Rumah kurcacinya lucu :)) baru tahu juga ada panggung kaya di hutan pinus mangunan. Aku yang dari Bantul malah belum menyempatkan diri ke sana mas :)

Tiket masuknya berapa? apa membayar jika foto per spot semacam di panguk?

Reply
avatar
1 Juli 2017 14.06 delete

Dibuat camping ground lebih asyik lagi kayaknya nih.

Reply
avatar
3 Juli 2017 00.40 delete

Wah serunya main ke rumah hobbit. Btw di daerah Purbalingga juga ada rumah kurcaci lho. Mirip-mirip lha :D

Reply
avatar
3 Juli 2017 11.58 delete

Wah tempatnya keren sekali, semoga suatu hari saya bisa ke sana juga :)

Reply
avatar
3 Juli 2017 14.29 delete

ini bagus buat acara kumpul2 yaa.. setuju sm mas sorealis, bagus kalo di bikin camping ground. kayaknya rumah hobbit ini jadi salah satu trend baru setelah farm house. hampir di tiap kota ada, kemarin di ngawi ada juga dengan nama rumah kurcaci.

Reply
avatar
4 Juli 2017 05.39 delete

panggungnya masih dalam penyempurnaan, kemarin kata ibu2 yg disana ini pernah buat acara kopdar motor2 gt jd panggubgnya bwt acara
tiket masuk murah bgt, 7rb berdua plus parkir

Reply
avatar
4 Juli 2017 05.40 delete

iya, bener tp tempatnya mungkin agak sedikit jauh dr sini ada puncaknya yg bisa liat pemandangan keren, mungkin disitu tempat camppingnya

Reply
avatar
4 Juli 2017 05.41 delete

wah aku lebaran ini pingin main burbalingga gak jadi hikz..kapan2 semoga ada waktu

Reply
avatar
4 Juli 2017 05.42 delete

amin...semoga bisa kesini...mampir nanti kalau kesini

Reply
avatar
4 Juli 2017 05.43 delete

kemarin tempat ini pernah untuk kopdar sepeda sama komunitas motor gt,
iya banya yg sekarang bwt rumah hobbit,untuk menarik wisatawan sih ya

Reply
avatar
4 Juli 2017 07.15 delete

Libur Lebaran kemarin sempat pengen mampir ke sini saat ke Mangunan, tapi batal karena nggak tahan sama banyak orangnya, padahal sudah berangkat pagi-pagi dari Concat :D

Reply
avatar
5 Juli 2017 06.41 delete

Keren jogja, makin banyk aja tempat wisatanya... Ini yg bikin aku slalu main ke jogja kalo sdg mudik ke solo mas. Krn di solo ga begitu banyak tempat wisata.

Itu rumah kurcacinya aku byangin kalo kucing2 ku tinggal di sana, pasti seneng bangetm jd berasa di kota kucing :D

Reply
avatar
5 Juli 2017 21.34 delete

emang liburan kemarin itu wow bgt yg berlibur kesini

Reply
avatar
5 Juli 2017 21.36 delete

iya, jogja ada aja yg baru emang,
iya kucingnya dirumah dibuatin rumah2 kaya gt aja bgs pasti,kucingpun bahagia

Reply
avatar
6 Juli 2017 09.10 delete

Ini Jogja di daerah mananya ya? kok saya baru tau. Infonya dong hehehheh

Reply
avatar
6 Juli 2017 13.37 delete

Waktu ke sini kok masih belum ada apa-apanya hahahahah. Aku kok pengen ke sana lanjut sunsetan di Becici

Reply
avatar
7 Juli 2017 06.29 delete

daerah mangunan,dlingo, bantul deket dengan taman buah sama hutan pinus mangunan

Reply
avatar
7 Juli 2017 06.30 delete

iyo, iki ayar pak, gek 4 wulanan, becici lg apik sunsete saiki, matahari rodok ngalor

Reply
avatar
19 Juli 2017 21.34 delete

Aku kalo liat pepohonan rindang gini tetep lebih tertarik bt bobo hensem di atas hammock ya. wkwkwkwk

Reply
avatar
23 Juli 2017 14.28 delete

kayaknya nih rumah hobbit ada dimana-mana yah, kalau gak salahbandung dan malang juga punya. Berhubung masih baru kayaknya fix ini jadi list traveling saya pas ke jogja tahun ini.

Reply
avatar
24 Juli 2017 20.32 delete

besok bawa kasur sama bantal guling juga kali ya kalau piknik ke yg rindang rindang gini .. nyaman banget memang

Reply
avatar
24 Juli 2017 20.34 delete

di Bandung, Malang juga ada, sekarang lagi hits banget yang gini gini emang,

Reply
avatar
30 Juli 2017 00.51 delete

udah makin kreatif ya mas, tapi sayang mengorbankan banyak pohon buat bikin panggung seni nya :(

Reply
avatar
7 Agustus 2017 06.06 delete

Sekarang sudah banyak perubahan ya, Mas, next time kesitu lagi. Biar bisa cekrek-cekrek..he

Reply
avatar
12 Agustus 2017 06.55 delete

iya kreatif banget, sebenarnya tidak mengorbankan pohon juga sih,,kalau nebang-nebang kan harus ijin pihak perhutani juga

Reply
avatar
12 Agustus 2017 06.58 delete

iya sudah berubah baget, banyak spot footnya..harus coba kesini deh

Reply
avatar