Geo Tubing Lava Bantal Kalitirto, Seru dan Dapat Banyak Pengetahuan Geologi

12/21/2016

Saat mendengar kata Tubing pastilah semua orang tertarik karena tubing identik dengan main air di sungai, seru-seruan mainan air dan mengarungi sungai yang pastinya punya arus yang lumayan. Tubing pasti seru sekali kalau dilakukan dengan teman-teman akrab kita. Bisa ngerjai temen kita agar bisa terbalik dari bannya atau saat deg-degan melewati jeram yang lumayan deras, pokoknya tubing itu seru. Bebrapa kali saya melakukan hal ini seperti di Goa pindul dan sungai Oyonya, atau di West Lagoon. Alasan Inilah yang membuat saya tidak menolak diajak untuk mejajal Geo Tubing lava Bantal di Kalitirto Berbah Sleman.
Sempat berfikir seblum mengiyakan ajakan Tubing di Lava Bantal Berbah, “wah pastinya seru”  semua pasti sudah tahu sungai Lava Bantal seperti apa, sungainya bagus dengan bebatuan yang unik dan indah. Lava Bantal berbah dari dulu sudah terkenal memang, tempat ini sering dijadikan tempat berfoto-foto karena emang fotoeble banget dengan struktur bibir sungai yang terdiri dari bebatuan yang unik seperti bantal-bantal, apalagi sekarang bisa untuk tubing, pasti seru banget.

start Geo Tubing Lava Bantal
tempat start di Kali Opak

Pada Hari minggu tanggal 4 Desember 2016 saya bersama kedua teman saya sudah janjian dengan Pak Guntur yaitu pengelola Geo Tubing Lava Bantal Kalitirto untuk ikut mencoba Tubing. Sayangnya kita sedikit terlambat karena saya tersesat dijalan karena tempat startnya bukan di Jembatan Lava bantal yang sudah terkenal itu akan tetapi di depan KP4 UGM, sebenarnya mudah menemukan tempat ini tapi saya salah ambil jalur yang seharusya pertigaan depan SD Kanisius Jl. Solo saya ambil kanan atau mengarah ke berbah saya masih lurus saja, jadi yang tadinya kita janjian jam 09.00 WIB harus lebih 20 menit, hampir saja kita ditinggal beruntung dan baiknya sekali kita masih ditunggu.
Kita langsung memakai perlengkapan keamanan yang lengkap untuk mengarungi sungai mulai dari helm, life jacket dan Ban pastinya. Karena kita tertinggal dengan yang lainnya maka kita harus pemanasan sendiri sambil jalan. Saat itu juga kita berbarengan dengan teman-teman HPI yang akan memandu kita. Setelah semua siap langsung saja kita mulai untuk mengarungi sungai.

Saat itu arus sungai cukup deras karena malamnya hujan, awal yang sungguh mendebarkan karena kita langsung di hadapkan dengan arus yang lumayan kencang walaupun datar. Dengan arus yang lumayan deras saya sangat menikmati sekali mengarungi sungai ini, tidak harus mendayung atau mengegerakkan badan kita untuk dapat menggerakkan ban tapi ban yang kita naiki sudah berjalan lancar dengan sedikit gelombang sungai yang asyik membuat semakin yaman dalam mengarungi sungai ini. Ternyata sungai yang kita arungi ini masih alami dan masih asri sekali terlihat dari kanan-kiri sungai masih ditumbuhi oleh pohon bambu dan rerumputan yang tebal. Pohon-pohon bambu di kanan dan kiri juga membentuk seperti gua atau seperti gapura saat kita masuk sebuah desa, ujug-ujung pohon saling bertemu sehingga kita berasa masuk kedalam sebuah ruangan yang dinding atapnya ditumbuhi bambu hidup, suasanya asyik, seger dan nyaman.

Sungai yang masih asri dengan pohon-pohon bambu di samping kanan kiri

Kita akanmelewati beberapa jeram yang ringan, sangat seru saat kita bisa melewatinya, sedikit berkelok dan ada batu namun semua aman malah yang seperti ini yang menjadi asyik kalau saat tubing.tak terasa karena keseruan kita saat mengarungi sungai dengan bermain air, bercanda disana kita sudah mengahabiskan waktu sekitar 60 menit perjalannan, dan tempat finish sudah terlihat yang ternyata finish tubing ini di bawah jembatan Lava Bantal Berbah.



Sedikit meleset dari perkiraan awal saya, saya kira tubing ini akan melewati Lava Bantal. Walaupun tidak seperti perkiraan awal saya tubing ini cukup seru. Oh ya sebelum pulang kita juga dikasih pengetahuan tentang Lava Bantal dan sungai yang kita arungi ini yaitu Sungai Opak. Inilah yang sangat membedakan antara Geo Tubing Lava Bantal dengan tubing-tubing yang lain, disini kita bisa dapat informasi tentang terbentuknya Lava Bantal dan Potensi Kali Opak yang luar biasa.

bawah jembatan Lava bantal tempat finish Geo Tubing

setelah selesai Geo Tubing kita di angkut pake Mobil terbuka

foto dengan Lava Bantal dibawahnya

Dimulai dari Lava Bantal yang pembentukannya sudah beratus juta tahun yang lalu dan sangat erat kaitannya dengan pembentukan tanah jawa, dimana tanah jawa sebenarnya dulunya dibawah permukaan air laut, karena proses magma bumi yang terus mendorong tanah dalam laut naik karena ingin keluar maka terbentuklah tanah jawa ini, unuk Lava bantal tersendiri terbentuk dari cairan Magma atau lava  yang keluar dari bumi dan dia langsung terkena air sehingga langsung menggumpal dan membentuk seperti bantal-bantal dan disebutlah sebagai lava bantal. Lava bantal ini juga erat kaitannya dengan Gunung api Purba yang berderet-deret di bagian selatan Jogja. Sebuah fenomena yang luar biasa yang dapat menambah pengetahuan kita.

Selain mendapatkan pengetahuan dari Lava Bantal, kita juga akan diberi informasi tentang Sungai Opak. Yang paling mengejutkan saya adalah Sungai Opak ini mempunyai sebuah potensi yang sebelumya saya belum ketahui yaitu Potensi Sesarnya yang masih terus Aktif. Sesar atau patahan strutruk tanah dalam ilmu geologi adalah sebuah patahan lempengan tanah yang bisa saja bergerak kapan saja dan ini salah satu yang dapat mengakibatkan Gempa bumi. Teringat pada tahun 2006 saat Jogja mengalami Gempa Bumi yang dahsyat meluluh lantahkan rumah-rumah dan menewaskan banyak orang. Pada informasi sebanarnya gempa ini berpusat pada sesar sungai Opak yang membentang dari prambanan sampai ke laut selatan. Inilah potensi luar biaa yang dimili sungai Opak yang harus kita ketahui. Apabila kalian mengunjungi wisata Geo Tubing Lava Bantal Kalitirto ini kalian akan dijelaskan lebih detail tentang Lava Bantal dan Sungai Opak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
21 Desember 2016 11.38 delete

Jogja itu gak ada habisnya ya, ada aja tempat2 keren
Nice sharing mas,

Reply
avatar
21 Desember 2016 11.45 delete

wah seru ini. sekalian halan2, rafting ceria juga dapat pengetahuan geografi. apalagi soal geografi dan geologi ini emang enaknya kalau praktek alias lihat langsung ya. jadi lebih melekat di ingat.

Reply
avatar
21 Desember 2016 13.35 delete

iya, Jogja bikin susah move on #eh.

Reply
avatar
21 Desember 2016 13.37 delete

iya, aku juga baru tau kalau ada sesar kali Opak dan juga pembentukan Lava bantal, pantesan itu jadi tempat yang kaya jaga bgt

Reply
avatar