Sunrise Candi Pringapus dan Embung Endong

9/14/2016


Jengkel sendiri rasanya baru tersandar bahwa alam di daerah tempat kelahiran begitu Indah dan luar biasa. Desa yang dikelilingi hamparan sawah dan dibatasi oleh gunung-gunung terlihat sangat memukau. Sajian matahari terbit dan tetesan embun yang selalu ada setiap hari begitu mempesona. Dan mengapa baru sadar bahwa di sekitar saya begitu indah.
Perasaan yang saya ungkapkan tadi diatas saya rasakan ketika suatu pagi saya bersepeda menelusuri daerah-daerah disekitar saya, terutama daerah sewaktu saya masih  kecil sebagai tujuan saya bermain. Biar bersepeda saya lumayan jauh dan lumayan untuk berolahraga, pagi itu saya bermaksut mengunjungi Candi Pringapus dan Embung Endong yang jaraknya sekitar 4-5 km dari rumah saya yang berada di desa Blimbing, Morobongo, Jumo, Temanggung.

Pemandangan Gunung Sindoro yang gagah di pagi hari

Pukul 5. 15 WIB saya mulai mengeluarkan sepeda saya, dengan sedikit melakukan perenggangan, maklum karena lama tidak bersepeda dan berangkat menelusuri jalan kampung saya menuju desa Pringapus. Pagi itu cerah dan hanya sedikit kabut yang kelihatan di kejauhan, udara cukup dingin dan lumayan lembab oleh embun pagi tapi seiring ayunan sepeda saya yang semakin jauh dan jalan mulai menanjak dinginpun sudah tidak tersa lagi keringat mulai ingin keluar nafas mulai sudah tidak beraturan, maklum jalur menuju ke Candi Pringapus Lumayan naik. Oh ya Candi Pringapus dan Embung Endong ini terletak di kaki Gunung Sindoro tepatnya di desa Pringapus Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung jadi, sepanjang perjalanan saya disuguhi gagahnya Gunung Sindoro.

Papan nama Candi Pringapus
Komplek Candi Pringapus
Sunrise dari sela-sela candi dan pohon di komlek Candi Pringapus

Setelah melewati kantor kecamatan Ngadirejo di perempatan ke arah Jumprit jalan mulai naik, lumayan lah bagi saya yang sudah lama tidak bersepeda, saya pelan-pelan menikmati jalan sesampainya perempatan masuk ke arah desa Gejagan. Sebelum masuk ke desa gejagan saya melihat spot yang pas untuk berfoto, langsung saha saya  berhenti dan berfoto dengan latar Gunung Sindoro.
Setelah itu saya lanjut menuju ke Candi Pringapus. Sekitar 10 menit saya sudah sampai di Candi Pringapus. Ternyata saya kurang beruntung Candi itu masih ditutup, gerbangnya masih digembok, kalau dulu waktu kecil sih saya masih bebas masuk sana bermain dihalaman Candi dan masuk di daerah candi. Karena pintu masuk tutup saya mencoba memutari candi itu dan tanpa senaja saya melihat matahari yang sedang terbit disela candi dan pohon yang berda di halaman candi, langsung saja saya foto-foto, ternyata bagus sekali. Mungkin jarang bahkan belum ada kali ya yang mengabadikan sunrise di candi pringapus ini, aku saja gak senaja. Ya inilah Pesona Candi Pringapus saat pagi hari.

sunrise di Embung Endong
Embung Endong yang Luas dan air yang tenang

Setelah selesai foto di Candi saya lanjut bersepeda di Embung Endong yang tak jauh dari Candi Pringapus ini. Embung Endong ini dulu adalah tempat saya dan temen-temen kecil saya berenang dan bermain air. Embung endong ini mempunyai sumber mata air yang deras dengan air Jernih sekali, sangat seru untuk berenang dan bermain air. saat disana saya masih melihat matahari terbit kekuningan yang begitu indah, langsung saja saya letakkan sepeda saya langsung saya foto siluet dengan latar belakang Embung Endong dan Sunrise. Setelah puas foto dengan sunrise di embung Endong saya keliling-keliling Embung Itu, ada beberapa ibu-ibu sedang mencuci baju. Mencoba merasakan jernihnya air Embung Endong ini saya menyentuh air dan ternyata dingin sekali, maklum kan masih pagi dan itu adalah air pegunungan bener-bener.

Perahu Angsa yang ada di Embung Endong 
Sampan warga yang ada di Embung endong

Embung Endong ini cukup luas kira-kira 800 m2 cukup luas untuk berenang dan bermain air, dan ada juga disediakan perahu angsa yang bisa disewa, tapi karena saya datangnya kepagian jadi blm ada yang jaga jadi kurang tahu berapa harga sewa perahu angsa itu. bagi kalian yang disekitar sini mesti sudah pernah kesini, tapi cobalah kesini dengan waktu yang berbeda pasti akan terlihat lebih mempesona.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »