Homestay Unik “Umah Kelingan”

9/06/2016
para pengunjung yang sedang asyik berfoto-foto du rumah landak/kapsul


Bagi sebagian orang yang sibuk, mendapatkan sebuah kesempatan menikmati suasana pedesaan yang sunyi, tenang, udara yang segar, pemandangan yang indah dan pastinya keramahan orang desa yang tidak bisa kita dapatkan di kota-kota besar merupakan sebuah kesempatan yang sangat besar dan ditunggu-tunggu dalam waktu yang lama pastinya. Menikmati sebuah desa yang mempunyai kekhasan tersendiri  termasuk anugrah dan kesempatan yang luarbiasa.
Saat saya menggujungi Pasar Papringan yang terdapat di Desa Kelingan Caruban, Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung saya penasaran dengan beberapa orang meninggalkan Pasar Papringan menuju ke subuah kebun Kopi, iseng-iseng saja saya ikuti orang-orang yang menuju ke Kebun kopi yang berada tidak jauh dari Pasar Papringan, ternyata disini terdapat beberapa bangunan rumah di tengah-tengah Kebun Kopi dan bentuknya unik-unik. Karena penasaran Saya memasuki area perkebunan kopi ini dan melihat-lihat bangunan-bangunan yang ada di kebun Kopi ini.

gerbang memasuki area homestay
bangunan pertama terdapat aula dan galeri hasil karya

Bangunan pertama terlihat paling luas, sempat saya mengintip ke area dalam dari bangunan ini karena pintu masuk dikunci jadi saya tidak bisa melihat lebih jauh kedalam, sepertinya tidak sembarangan orang boleh masuk, di dalam terlihat sebuah area seperti tempat pertemuan atau aula yang lumayan luas mungkin bisa ditempati sekitar 40an orang. Bangunan ini ternyata berlantai dua, tp saya kurang begitu tau apa isi dan kegunaan yang lantai dua. Sebenarnya saya lumayan penasaran akantetapi saya tidak menemukan penjaga atau pemiliknya untuk bertanya-tanya.

bangunan kedua yang berbentuk rumah panggung

Setelah puas melihat-lihat bangunan yang pertama saya berlanjut ke bangunan yang kedua, bangunan ini berada di belakang agak kesamping dari bangunan pertama. Bangunan ini berupa rumah panggung tingginya sekitar 2,5 meter. Sayang saya tidak bisa mengintip bagian dalam bangunan ini , karena memang dilarang naik dan masuk ke bangunan ini, mungkin saya perkirakan ini adalam sebuah hunian atau tempat tidur yang lumayan luas.

bentuk rumah landak/kapsul terlihat dari samping
rumah landak/kapsul yang dihubungkan dengan jalan dari batu yang rapi

Banguan berikutnya adalah paling unik. Bentuk bangunan ini seperti gubuk yang berada di tengah-tengah kebun kopi tapi mempunyai ketinggian kurang lebih 2,5 m bentuknyapun Unik seperti sebuah kapsul yang disangga dengan tiang-tiang dan diselimuti dengan daun-daun sebagai atapnya. Saya dengar dari beberapa pengunjung yang sedang asyik berfoto-foto, bangunan ini disebut “Umah Landak” ada juga yang menyebut “Umah Kapsul” yang benar yang mana saya kurang tau, tapi yang jelas ini unik. Ada beberapa bangunan yang berbentuk kapsul ini kira-kira ada 3 yang dihubungkan oleh jalan trasah atau dari batu.
Setelah puas mengelilingi tempat ini saya kembali lagi ke Pasar Papringan dan disini saya dan teman saya bertanya kepada mbak-mbak yang bertugas distand penukaran uang, ternyata bangunan-bangunan ini adalah sebuah Homestay yang dapat kita sewa akan tetapi harganya kurang begitu tahu. Mungkin kalau memang bener-bener ingin tahu dan ingin merasakan tinggal sejenak dirumah-rumah ini langsung saja pesan ke pengelolanya saya yakin kita akan disajikan sebuah pengalaman baru dengan keunikan yang khas dari Homestay ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
10 September 2016 16.05 delete

unik dan alami ya, apa bisa betah ya, kalau alami sekali

Reply
avatar
10 September 2016 21.24 delete

Fasilitasnya juga lengkap, untuk beberapa hari akan nyaman sekali

Reply
avatar