Taman Sungai Mudal yang Segar dan Indah

6/10/2016


Potensi wisata yang terdapat di Kulon Progo semakin bertambah, salah satunya adalah Taman Sungai Mudal. Tempat ini merupakan sebuah sungai yang aliranya dari mata air yang sangat jernih dan segar, bahkan kita juga bisa melihat dari mana sumber mata air sungai ini.
Taman sungai mudal ini baru di buka di awal tahun ini, masih baru memang dan sekarang lagi ramai-ramainnya. Saya kesini 2 bulan yang lalu sebanyak dua kali, pertama saya kesini hanya  foto-foto saja karena saya sudah kelelahan bermain air di Air Terjun Kembang Soka. Setelah dari air terjun Kebang Soka saya tertarik untuk mampir kesini dan ternyta tempat ini bagus sekalai. Terdapat beberapa air terjun dan taman buatan yang indah. Kali pertama kesini saya belum banyak main air hanya Cuma lewat dan foto-foto saja. Masih penasaran dengan tempat ini saya mengajak teman-teman saya mengunjungi tempat ini lagi, kali ini memang berniat menghabiskan waktu di tempat ini dengan bermain air.
sungai yang dibendung untuk berenang dan bermain air

Saya kesini memang senaja lewat pintu masuk yang di bawah, karena pemandangan dari bawah itu lebih asyik dari pada dari pintu masuk yang atas. Setelah kita parkir dan membayar retribusi sebesar Rp. 5000 kita berjalan ke aliran Sungai Mudal ini. Pertama kali kita akan melihat sebuah tempat pemandian yang tidak terlalu luas akan tetapi mempunyai air yang sangat jernih dan tentunya segar. Tempat ini memang senaja dibuat, aliran ini senaja dibendung agar bisa untuk berenang. Dengan perpaduan aliran air terjun yang indah dan kolam renang pemandangan pertama dilokasi ini sangatlah menarik.
Setelah dari lokasi berenang kita bisa menelusuri aliran sungai ini keatas, ya karena aliran sungai ini di pernukitan yang memang mempunyai kemiringan yang cukup curam. Terdapat jembatan dari bambu yang membentang menghubungkan bibir sungai, dari sini kita bisa melihat aliran sungai yang terdiri dari bebatuan kapur yang khas.

Air terjun yang indah terdapat di aliran Taman Sungai Mudal

Setelah melewati jembatan bambu dan berjalan lagi kita akan di suguhi penmandangan air terjun yang indah, walaupun air terjun ini tidak tinggi tapi cukup mempesona untuk foto-foto dan bermain air. Air terjun ini ditumbuhi lumut-lumut hijau sehingga menambah keeksotisannya, oh ya disini juga bisa melakukan reppling loh, itu loh yang menuruni air terjun dengan tali.

pemandian khusus anak-anak

Di atas air terjun terdapat pemandian lagi tapi kalau yang ini khusus untuk anak-anak, karena memang kedalam airnya hanya setengah meter, tapi cukup untuk membuat si buah hati puas untuk bermain air. disini juga terdapat jembatan bambu yang bagus menghubungkan dari bibir sungai ke taman.

jembatan yang menuju ke taman
taman yang dengan berbagai bunga dan  terdapat gazebo untuk duduk-duduk
tulisan besar Taman Sungai Mudal

Selanjutnya dibagian paling atas terdapat sebuah taman buatan yang ditanami berbagai bunga dan tumbuhan. Terdapat pula beberapa gazebo untuk duduk-duduk dan bercengkrama serta beristirahat. Disediakan pula flaying fox dengan membayar Rp. 15.000 saja. Di taman ini pula Kita bisa berfoto dengan tulisan Taman Sungai Mudal yang besar.
Di pojokan paling atas kita bisa melihat Gua sumber mata air yang jernih sekali, airnya yang dingin dan segar. Yang pingin bermain air di tempat yang indah, tempat ini patut untuk dikunjungi bersama teman-teman biar seru. Untuk menuju ketempat ini bagi yang dari arah jogja bisa melalui jalan Godean lurus saja sampai menaiki perbukitan menoreh ke arah Jatimulyo, Girimulyo, Kulon progo.


 peta menuju taman sungai mudal


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »