Menikmati Sunrise di Sindhumoyo Temanggung

6/20/2016
Sunrise dari Gardu Pandang Sindhumoyo Bakalan Katekan Temanggung

Selain Posong, temanggung juga mempunyai sebuah gardu pandang yang menarik dan bagus yaitu Sindhumoyo, terletak di Pos 1 jalur pendakian gunung Sindoro melalui desa Bakalan, Katekan Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Menikmati mata hari terbit dan pemandangan yang bagus adalah salah satu kenikmatan yang luar biasa. Pagi yang cerah dengan semangat mengawali hari yang diiringi sunrise yang mempesona, hari kita dimulai dengan Indah.

jalan menuju Gardu Pandang Sindhumoyo

Di hari pertama puasa Ramadhan ini saya senaja dirumah karena libur awal puasa, setelah sahur dan shalat subuh saya berfikir pagi ini mau apa ya??saat itu juga saya teringet tepat ini yaitu Gardu pandang Sindumoyo yang sebelumnya dikasih tahu oleh temen saya, saat itu juga saya putuskan untuk berangakat kesini sendiri. Barangkat dari rumah Pukul 05.00 WIB menembus udara dinginnya Temanggung saya menelusuri jalan Ngadirejo-Parakan dengan sepeda motor. Setelah sampai di pertigaan Klimbungan saya ambil arah kanan ke arah Medari dan lanjut sampai desa Katekan. Melaluil jalan yang tepat disamping SD Katekan saya mulai menanjaki jalan yang cukup miring dan naik, begitulah jalannya karena ini adalah desa tertinggi di Gunung sindoro dari arah timur. Menyusuri desa sampai tidak ada rumah lagi. Memasuki area persawahan di lereng gunung sindoro membuat saya agak was-was karena saya bener-benar sendiri masih lumayan gelap dan pastinya dingin. Terus saja saya pacu motor saya, sekitar 3 km sampailah saya di ujung jalan ini karena setelahnya sudah memasuki hutan Gunung Sindoro, ini lah Pos 1 jalur pendakian Gunung Sindoro.

tulisan Sindhumoyo di tempat parkir

Di atas area parkir terpampang jelas tulisan “SINDHUMOYO” tetapi tidak ada tepat gardu pandang yang dikabarkan oleh temen saya. Setelah memarkirkan motor, saya foto sebentar diarea itu dan saya melihat ada bendera yang berkibar di arah selatan, apakah itu ya gardupandangnya?karena masih lumayan gelap jadi kurang begitu jelas. Saya beranikan saja menelusuri jalan yang menuju ke bendera yang berkibar itu. Setelah berjalan kira-kira 300 meter saya mulai melihat ternyata benar ini tempat Gardu pandang Sindhumoyo itu.

Gardu Pandang Sindhumoyo
Gazebo/Gubuk yang ada di gardu Pandang Sindhumoyo
Jembatan sasak yang menjorok
pemandangan yang di sajikan gardu Pandang Sindhumoyo

Disini terdapat dua gazeno yang bisa kita nikmati untuk bersantai dan ada juga gazebo bertigkat yang bisa kita nikmati untuk melihat pemandangan yang bagus dan sunrise. Saya dapat foto sunrise yang bagus disini walaupun pagi itu sedikit tertutup awan mataharinya. Saya mencari beberapa spot untuk memfoto sunrise dan bekeliling-keliling tempat ini. Terdapat pula jembatan yang menjorok sehingga kita bisa menikmati pemandangan yang langsung berhadapan dengan kita.

Tempat ini bersih, bagus dan indah pastinya, sudah terdapat beberapa tempat sampah sehingga kebersihanya sudah terjaga.

Peta menuju Sindhumoyo

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
17 Juni 2017 12.01 delete

Wah seru nih untuk hunting foto

Reply
avatar
20 Juni 2017 14.23 delete

iya, spotnya mantab untuk sunrise

Reply
avatar