Menikmati Senja di Tebing Breksi

6/17/2016
Tempat Pertujukan yang dilihat dari atas

Seharian mengeluti pekerjaan, tugas-tugas dan suasana yang memeras seleruh kemampuan jiwa dan raga serta pikiran membuat diri kita kurang bersemangat dan mungkin males-malesan. Maka dari itu di sore hari setelah kita menjalani hari yang berat agar bisa mengembalikan semangat lagi dan me refress lagi pikiran mungkin kita bisa jalan-jalan sejenak. Salah satu tempat ini boleh loh di kunjungi di sore hari, tempat yang tidak jauh dari kota dan juga mempunyai view yang bagus. Apa lagi sore hari setelah kita pulang kerja atau pun pulang kuliah. Tempat ini adalah wisata baru di sleman yaitu Tebing Breksi yang menyajikan sebuah pemandangan senja yang bagus dan suasana sore yang asyik.
Lokasi Tebing Breksi sendiri berada di dusun Groyokan Kelurahan Sambirejo Kecamatan Prambanan, Kabupaten  Sleman, letaknya yaitu sebelum Candi Ijo. Saya kesini di hari kamis satu bulan kemarin bersama teman-teman saya berenam berangkat pukul 16.00 WIB dan sempat mampir untuk isi bensin dulu. Kita melalui jalan Jogja-Solo, sesampainya di pertigan ke prambanan-pinyungan kita ambil jalan itu, sekitar 4 Km ke arah piyungan sampai di petunjuk arah ke candi Ijo dan masuk ke desa-desa dengan jalan yang naik dan ada beberapa jalan yang berlubang. Tak lama kita sampai, setelah membayar parkir sebesar Rp. 2.000,- dan uang pengelolaan seikhlasnya kita masuk ke tempat wisata ini. Sebenarnya Tebing Breksi ini adalah sebuah bekas tempat penggalian Batu Alami dari para penduduk sekitar yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata, tempat ini juga belum semua tertata rapi karena masih banyak bekas galian dan pecahan batu yang masih dikerjakan oleh para seniman batu yang di buat untuk tangga dan bentuk-bentuk lainnya.

bangku-bangku penonton di tebing breksi 

Saat masuk kita akan langsung melihat sesuatu yang khas dari tempat ini yaitu sebuah tempat pertujukan yang terdapat bangku-bangku (tempat duduk) yang melingkar dan ditengahnya terdapat tempat pertujukan atau biasanya tempat untuk mendirikan panggung, tempat ini menjadi daya tarik tersendiri banyak yang berfoto-foto di tempat ini. Di samping utara tempat ini masih ada tebing tinggi yang bisa kita naiki dari sebelah timur dengan tangga dari bagian tebing batu yang sudah dibentuk rapi.

aktivitas para penambang batu
Pahatan tokoh pewayangan di dinding tebing

Sebelum menaiki tebing ini saya masih melihat beberapa tukang/seniman batu yang sedang memahat batu untuk di buat sesuatu, sempat pula saya foto, dan setelah itu sebelum menaiki tangga di samping selatannya terdapat tebing yang berukiran tokoh pewayagan, tak luput dari para pemburu foto selfie banyak sekali yang berfoto disini.

tangga menaiki tebing

Seblum menaiki tebing ditangga naik ini juga banyak sekali yang sedang berfoto, tangga ini memang menarik karena terbuat dari bagian tebing yang dibentuk sebagai tangga yang rapi dan halus. Setelah naik ketas kita akan disajikan view yang sungguh menawan yaitu melihat kota yogyakarta dari ketinggian dan yang paling menarik adalah kita bisa melihat lintasan pesawat Bandara Adi Sucipto sehingga kita juga bisa melihat pesawat yang sedang teke off ataupun landing.
sunset dari tebing breksi
sunset dari tempat pertujukan


Disisi selatan kita bisa melihat tempat pertunjukan tadi, ternyata dari atas bagus sekali, apa lagi kalau pas ada pertujukannya pasti akan kelihatan lebih bagus. Setelah puas melihat-lihat pemandangan, matahari mulai turun saatnya kita menyaksikan sunset, syukurlah waktu saya kesini cuaca cukup cerah dan sangat mendukung untuk menikmati sunset. Sambil duduk-diduk dan membidik sunset dan ngobrol-ngobrol asyik kita bisa melihat akhir hari ini yang begitu indah yang membuat kita semangat lagi untuk menyongsong hari esoknya lagi. 

peta menuju Tebing Breksi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
19 Juni 2016 14.41 delete

Ini nanti nya semacam GWK di bali gitu yaaa ???

Reply
avatar
19 Juni 2016 22.15 delete

beda sih... ini hanya tebing gitu tp ada beberapa fasilitas pertujukan

Reply
avatar