Melihat Pemandangan Indah Posong Temanggung

6/18/2016
berfoto dengan puzzel Posong

Kota temanggung yang terkenal dengan tembakaunya dan dua gunungnya yaitu Sindoro-Sumbing ternyata menyimpan beberapa potensi wisata yang memukau, salah satunya adalah Wisata Alam Posong. Sebagai anak Temanggung sebenarnya telat banget, saya baru tahu tempat ini ataupun baru kemarin menyambangi tempat ini, ya maklumlah dari semasa SMA samapai sekarang jarang hidup dirumah jadi gak bisa mengexplore kota kelahiranku ini. Kesempatan kemarin pas ada teman-teman saya dari Jogja maka saya ajak untuk berkunjung ke Posong yang sudah terlanjur ngehitz ini.
Posong sebenarnya adalah sebuah gardu pandang yang menyajikan pemandangan luar biasa yaitu sunrise, pemandangan kota temanggung dan gunung Sindoro-Sumbing. Kata temen saya yang kemarin saya ajak kesini, pemandangannya lebih bagus sini dari pada Umbul Sidomukti di Ungaran, aku mah iyain aja tanah kelahiranku sendiri gitu he..he...

gerbang menuju wisata Posong
para petani yang sedang bercocok tanam di wilayah posong

Wisata Alam Posong ini berada di Desa Tlahab Kecamatan Kledung. Rute menuju tempat ini yaitu melalui jalan Parakan-Wonosobo Km. 9 sesampainya Desa Tlahab nanti sudah ada papan petunjuk arah masuk ke wisata Alam Posong. Sebenarnya tempat ini adalah lembah antara dua gunung yaitu Sumbing-Sindoro. Dengan membayar uang retribusi sebesar Rp. 6000,- sudah termasuk dengan parkir kita memasuki wilayah wisata ini, jalan yang masih dari batu dan naik cukup menyulitkan juga, apalagi bagi yang jarang melewati jalan sulit. Pemandangan kanan-kiri adalah pesawahan dan kebun milik warga jadi kita akan disuguhi kegiatan para petani disawah. Sekitar 3 km dari pintu gerbang kita sudah sampai ke tempat wisata ini.

pemandangan Indah dari gardu pandang Posong

berfoto dengan baground gunung Sumbing

bunga dan pemandangan indah Posong


Sayang waktu saya kesini sudah kesinganngan jadi  kabut sudah mulai turun sehingga pemandangan sedikit tertutupi kabut, akan tetapi kita masih bisa melihat pemandangan yang luas dan bagus. Disisi barat membelakangi Gunung Sindoro, disisi selatan terdapat Gunung Sumbing dan disisi timur dan utara terdapat pemandangan sawah dan Kota Temanggung yang indah. Disini juga terdapat sebuah kedai kopi dan gasebo yang bisa digunakan untuk bersantai dan menikmati pemandangan. Terdapat juga flaying Fox apabila ingin mencoba. Oh ya disediakan pula camping ground bagi yang ingin bermalam disini sehingga tidak ketinggalan sunrise dengan biaya Rp. 35.000,- per orang. Wisata baru yang sedang di kembangkan adalah river tubing atau jelajah sungai, ini juga asyik untuk dicoba saat kesini.  

peta menuju Wisata Alam Posong

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
19 Juni 2016 14.40 delete

Eh sinodor ama sumbing itu di temanggung yaaa, gw tau nya jawa tengah doang hahaha

Reply
avatar
19 Juni 2016 22.10 delete

iya di temanggung dan wonosobo, ayo kesini...

Reply
avatar