Kembang Soka, Tumpukan Air Terjun di Kulon Progo

6/01/2016
Air terjun Pertama Kembang Soka

Udara jogja bulan-bulan kemarin yang cukup panas membuat saya dan temen-teman saya mencari tempat yang asyik untuk bermain air. Tercetuslah untuk main ke Air terjun Kembang Soka di Kulon Progo. Air terjun ini terletak di desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Kalau dari arah Jogja paling mudah itu lewat jalan Godean, perempatan Demak Ijo ringroad barat ambil ke arah barat atau arah Godean dan lurus saja samapai nanti menuju kearah kulon progo dan jalan mulai menanjak melewati perbukitan menorah, ambil arah menuju ke Gua Kiskeno dan lurus lagi nanti sudah ada papan petunjuk arah untuk kesini jadi, tenang saja.

Jembatan Menuju Air Terjun

Dari parkiran kita harus berjalan kaki sekitar 500 m dengan jalan masih dari tanah dan menurun, dimana-mana kalau mau menuju air terjun pasti gini ya. Uniknya dari air terjun ini terdapat sekitar 3 air terjun yang bagus-bagus yang nantinya bermuara di satu sungai. Air terjun yang pertama ini berada paling atas, air terjun ini hanya seperti aliran sungai akan tetapi mempunyai kemiringan sekitar 45 derajat. Ditengah air terjun yang pertama ini juga terdapat sebuah batu yang bisa kita gunakan untuk berfoto-foto. Tapi hati-hati karena licin.

Air Terjun Kedua Kembang Soka

Di air terjun yang kedua sekitar 50 meter dari air terjun yang pertama mempunyai ketinggian sekitar 15 meter dengan dibawahnya sebuah cekungan yang menampung jernihnya air jadi kita bisa bermain-main disini akan tetapi cekungannya kecil, mungkin hanya bisa untuk bermain 2 orang saja. Air terjun yang kedua ini mempunyai dinding-dinging yang berwarna putih kecoklatan yang bagus juga untuk foto-foto.
tempat untuk mandi-mandi

Setelah dari air terjun kedua, sekitar 50 meter berjalan ke kebawah terdapat tempat untuk kita mandi-mandi disini ada kolam renang buatan, atau sungai dari aliran air terjun itu yang senaja di bendung agar bisa untuk berenang. Tidak terlalu dalam memang hanaya 1-2 meter saja tapi cukup luas sehingga kita bisa berseru-seruan untuk berenang bersama teman-teman. Disini juga ada jembatan yang terbuat dari bambu mengarah ke tengah kolam, jadi menambah esotik tempat ini.
Air terjun yang ketiga itu terdapat di sebelah tempat pemandian tadi sekitar 20 meter disebelah baratnya. Air terjun yang ketiga ini lumayan tinggi sekitar 25 meter. Air yang yang mengalir tidak begitu deras akan tetapi air terjun ini indah karena banyak cipratan-cipratan air yang membentuk pelangi.
Air Terjun ke tiga Kembang Soka


Oh ya kalau pas kesini kalaian pasti akan melihat beberapa mata air di pinggir jalan yang airnya segar sekali, kalian harus mencoba merasakannya, saya tanya-tanya ke seorang bapak yang mengelola daerah situ nama Kembang Soka itu diambil dari nama salah-satu tempat mata air yang berada disitu jadi, kalian wajib ni kesini melihat bagusnya tumpukan Air terjun.
salah satu mata air yang terdapat di wilayah air terjun Kembang Soka
Peta menuju Air Terjun Kembang Soka

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar