Sunset di Embung Ngelangeran Yang Mempesona

4/08/2016
Senja adalah waktu yang sangat singkat akan tetapi apabila kita sedang beruntung kita akan mendapatkan sebuah keindahah yang sangat mempesona. Terdapat sebuah sunset dengan sinar keemasanya dan disusul sebuah sinar “mega” yang kemerahan yang bersahabat sekali dipandang dengan mata telanjang. Dengan waktu yang singkat itu kita mendapatkan sebuah kenangan tersendiri, keharmonisan, keromantisan dan perasaan yang luar biasa. Sehingga begitu banyak orang yang mencari tempat untuk menikmati senja.

Ada beberapa tempat menikmati senja yang bagus sekali di jogja, dimana bisa melihat sunset dengan sempurna dan suasana yang sangat mendukung. Salah satu tempat favorit untuk menikmati senja adalah di Embung Ngelangeran, tempat ini terletak di balik Gunung api purba Ngelangeran, di kecamatan Pathuk, Kab. Gunung Kidul apabila ingin kesini sangatlah mudah, sudah banyak papan petujuk arah ke tempat ini, mulai dari jogja arah wonosari setelah “bukit Bintang” dan melewati gerbang Gunung Kidul ada perempatan beloklah kekiri ikuti saja petunjuk jalan ke arah Gunung Api Purba, setelah sampai di Gunung Api Burba terus kearah selatan dan ikuti petunjuk arah saja. Masuk tempat ini hanya bayar retribusi sebesar Rp. 5.000 dan parkir saja.
Keindahan Embung Ngelangeran ini sudah bisa kita rasakan dari tempat parkir, dimana kita sudah bisa melihat indahnya Gunung Api Purba yang terdiri dari bebatuan dan ditumbuhi pepohonan yang yang indah dipandang mata. Setelah dari parkiran kita bisa mulai naik menuju ke arah embung, karena embung ini terletak lumayan diatas tempat parkir, kita harus berjalan sekitar 100 m. Setelah nyampai diatas atau dibibir embung kita bisa menikmati berbagai pemandangan dari sisi utara kita bisa melihat lebih jelas Gunung Api Purba dan disebelah utara kita bisa melihat hamparan pepohonan yang luas dan indah yang ada berada di bawah kita. Dan yang jelas disisi barat disitulah letak akan terbenamnya mata hari yang diapit antara bukit dan gunung Api Purba.

Sambil menunggu sanset kita bisa bermain mengelilingi embung ini, ya lumayan lah kelilingnya sekitar 200 m, kita bisa berfoto-foto dengan bagraund embung dan Gunung Api Purba, setelah sunset datang tibalah kita memposisikan diri di sebelah timur embung dimana kita bisa melihat Sunset dan embung yang dimana nantinya ada banyangan sunset yang indah di tengah embung memantulkan pancara cahaya yang begitu mempesona. Kita bisa mengabadikan momen ini dengan berfoto-foto atau kita bisa hanya mau menikmati momen ini dengan ketenangan karena disini begitu mempesona. Tidak lama kemudian setelah matahari terbenam kita masih bisa menikmati pancaran sinar kemerahan di ujung langit yang indah sekali, itulah yang namanya mega merah.

Setelah sinar matahari tidak terlihat lagi disini kita masih bisa melihat keindahan embung ini dimalam hari karena disini dipasang sebuah lampu-lampu kecil yang mengelilingi embung dan sinarnya terpantulkan oleh air embung tersebut, disini ada sebuah keindahan lagi yang bisa kita nikmati dari atas embung dengan berjalan sedikit kerah utara diatasnya embung. Setelah selesai menikmati pulanglah dengan membawa kenangan yang mempesona ini, dan jangan lupa jangan buang sampah sembarangan. 

Share this

Related Posts

First