Sate Kuda, Doyan Gak??

4/16/2016

seporsi sate kuda

Malam-malam sekitar jam 22.00 WIB saya dan 3 temen saya pada lapar dan beinisiatif untuk mencari kuliner malam,  dan saya ada ide agak ektrim nih karena jarang dan tidak terlalu umum di kalangan masyarakat yaitu pingin mencoba sate kuda, untuk saya ini pertamakalinya saya makan sate kuda.
Dari ide itu saya mulai tanya ke temen-temen saya, ada salah satu temen saya yang biasa menyantab sate kuda dan menujukan tempat makan sate kuda Pak Ali didaerah banguntapan, tapi kurang beruntung sesampainya disana tutup warungnya sehingga saya mulai mencari lagi tempat lain dengan bantuan Mbah Google dan akhirnya ada petunjuk ada sate kuda di daerah Umbulharjo yaitu di depan XT-Squer, langsung saja cuss dan syukurlah warungnya masih buka karena kita nyampe warung ini sudah jam 23.00 WIB takut kalau dah tutup maklum warung ini buka dari jam 18.00 sampai jam 23.00 WIB.
warung sate kuda nampak dari depan

Diwarung ini menyediakan berbagai olahan daging kuda mulai dari sate, tongseng dan nasi goreng kuda. Saya memesan tongseng kuda dan temen saya memesan sate kuda kita berbeda memesannya karena biar tahu rasanya danging kuda dengan olahan sate dan tongseng, jadi kita bisa berbagi saling mencicipi agar tahu rasanya, maklum baru pertama kalinya menyantap danging kuda. Lumayan agak lama jadilah menu yang kita pesan yang pertama adalah sate, saya mencicipi sate terlebih dahulu, daging kuda yang disate ini tekturnya sangat mirip dengan daging kambing lumayan agak keras diluar tapi empuk didalam dan berserat, dan enak lah.
tongseng daging kuda


Untuk menu yang kedua yaitu tongseng daging kuda, dan kalau saya lihat dan rasakan daging kuda yang ditongseng malah sangat mirip sekali dengan daging sapi, kenyal dan enak pokoknya. Walaupun pertama kali mencicipinya masih agak canggung, ini gmana rasanya ya? ternyata hampir mirip dengan daging kambing dan sapi, tapi memang kalau belum diolah saya lihat sepintas daging kuda ini berwarna sangat merah beda dengab daging-daging yang lain. Kalu yang suka dengan kuliner yang lain dari yang lainnya boleh ini dicoba karena katanya kasiat dari daging kuda ini banyak sekali, seperti menyembuhkan penyakuit Asma dan untuk kekuatan (vitalitas).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
19 April 2016 16.03 delete

Rasanya gimana Mas? Enak, sate kudanya?

Reply
avatar
20 April 2016 07.33 delete

enak, kenyal mirip sate kammbing tp seratnya lebih keras lagi..enak kalau menurutku, di coba aja.

Reply
avatar
5 Juli 2017 06.49 delete

Sbnrnya aku penasaran.. Dan aku lbh penasaran ini kuda2nya memang diternakin utk dimakan, ato kuda2 yg udah tua yg ga bisa lg dipekerjakan yaaa..?

Hrgnya mahal mas?

Reply
avatar
5 Juli 2017 21.40 delete

kurang tau juga kudanya itu yg gimana, tp di daerah jogja itu ada daerah yg memang terkenal dengan penyembelihan kuda,
hargaya sama aja kaya sate kambing

Reply
avatar