Cave Tubing Kali Suci yang Seruuuu Abiss...

4/09/2016

Kegiatan caving atau menelusuri goa merupakan kegiatan yang lumayan ekstrim dan harus dengan penuh persiapan dan keahlian untuk melakukannya. Dengan berbekal sekil dan kekuatan serta kesehatan caving akan menjadi sebuah kegiatan sangat menyenangkan karena kita bisa mengetahui isi goa yang gelap dimana terdapat berbagai jenis batuan yang terbentuk dari proses yang memakan waktu berjuta-juta tahun. Ada dua jenis gua yaitu gua yang tidak ada airnya dan gua yang ada airnya, gua yang ada airnya ini biasanya terdapat di jajaran perbukitan kras atau batu gamping, didunia hanya ada 3 yang saya ketahui yaitu di chili, portugal dan Indonesia. Untuk sekarang ini kegiatan caving sudah sangat populer dan menyenangkan, di Indonesia sendiri khususnya di Yogyakarta ada yang namanya Cave tubing dimana menelusuri goa air dengan menggunakan ban dalam untuk menopang tubuh kita agar tidak tenggelam. Ada dua tempat cave tubing di Yogyakarta yang terkenal yaitu di Gua pindul dan di Kali Suci. Untuk kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya cave tubing di Kali Suci yang beberapa minggu kemarin saya lakukan bersama-sama rombomngan guru dan staf dari MTs N 1 Kedu Temanggung. Pernah juga di Goa Pindul tapi sudah beberapa tahu yang lalu saya lakukan dan sekarang katanya pasti sesak kalau kesan.
Kali Suci terletak di Kabupaten Gunungkidul tepatnya padukuhan Jetis Wetan, desa Pancarejo kecamatan Semanu, Jaraknya kira-kira 12 km dari pusat kota Gunungkidul. Arahnya melewati jalan Wonosari-Semanu, setelah keluar kota Wonosari di kiri jalan ada gardu listrik nanti sekitar 1 km ada papan petunjuk Kali Suci belok kekanan, dah ikuti saja jalan itu nanti akan sampai, satu jalur kearah Goa Jomblang. Kalau pingin datang kesini asyiknya rombongan dan sebaiknya pesan dulu karena pengujung disini hanya dibatasi 200 orang saja setiap harinya, demi kenyamanan pengujung juga agar bisa menikmati.
Sesampainya dibasecamp Kali Suci kita mulai persiapan peralatan mulai memakai pelampung, helm, pelingdung betis dan pelindiung tangan, pokoknya sudah standar keselamatan banget lah, dan kita juga dipandu oleh 3 orang pemandu yang profesional dari depan dan belakang. Sebelum mulai menelusuri goa Kali Suci kita harus berjalan turun dulu ke mulut gua kira-kira 500 m, setelah sampai di mulut goa kita di beri pengarahan dulu agar semuanya bisa berjalan sesuai prosedur yang berlaku. Setelah semua siap maka mulailah menelusuri goa kali suci. Dari mulut goa kita sudah meniki ban yang disediakan, kita naik dengan cara berbaring, pokoknya dibuat senyaman mungkin.


Mulai memasuki goa yang masih banyak cahaya, oh iya air di yang mengalir melalui goa ini sangat lah jernih, malah sampai terlihat kebiruan, biru toska gitu dan begitu segar. Kita sudah disajikan bentuk dinding mulut goa yang berornamen bagus sekali, didin dinding goa yang membentuk bentuk yang indah, inilah lukisan alam yang luar biasa. Mulai masuk kedalam gua yang gelap disini sudah ada hewan gua yaitu kelelawar dan juga bebatuan yang runcing dimana itu yang namanya stalakmit dan setalaktit yang bagus sekali. Setelah keluar dari gua pertamadisitu kita disajikan yang namanya batu gajah, batu gajah ini terletak ditengah-tengah mulut goa saat kita keluar, sangat bagus dan sangat cocok sekali untuk spot foto-foto. Setelah keluar kita bermain-main ari dulu disini, seger bagt pokoknya.
Setelah puas bermain air kita lanjut untuk menelusuri goa yang kedua, goa yang kedua ini lebih menantang karena ada beberapa jeram yang harus kita lewati, tapi disinilah keseruannya kita kaya berarung jeram tapi dengan menggunakan ban dalam bukan perahu. Di goa yang kedua ini hampir sama dengan goa yang pertama dimana dinding-dinding nya menyajikan oranamen yang terdiri dari stalakmit dan stalaktit. Setelah keluar dari goa yang kedua kita sedikit menelusuri sungai yang gemricik airnya sterdengar sangat syahdu dan bikin hari kita tentram. Selesailah keseruan menelusuri goa Kali Suci, oh ya untuk kembali ke basecamp kita harus tracking dulu aga tinggi sih tapi jalanya sudah enak kok. Dan diatas juga sudah ditunggu oleh mobil penemputan.
Lama untuk menelusuri goa kali suci ini sekitar 1,5 jam dengan biaya sebesar Rp. 70.000,-/orang, pokoknya tebayar dengan keseruannya. Semua sudah termasuk biaya pemandu dan peralatan. Oh ya kalau kesana minimal 5 orang ya, jadi gak bisa berduaan saja, kalau kesana Cuma berdua harus rela bergabung dengan rombongan lain yang kita belum kenal. Selamat mencoba dan harus mencoba ya seru abis pokoknya.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »